Jumat, 20 Januari 2012

Email Selalu Di anggap SPAM *-* OMG...

Spammer? NO...!!
kena sama spamhaus ya? possible cause:

  1. kena di CBL karena improper mail server setting. itu HELO message di smtp musti di-set ke legitimate domain yang bisa di-resolve either dengan A record atau MX record di dns, kalo kaga lansgung masuk blacklist. default seting smtp biasanya HELO messagne-nya localhost.localdomain, ini absolutely nggak boleh!
  2. blok dynamic ip rata rata di-blok, namanya juga 1 ip rame rame, pemakai sebelumnya bisa aja spammer atau kena virus yang nembak kesana sini. yang ini biasanya kena sama RBL/XBL filter.
  3. lu kirim email pake email yang domainnya di-protect dengan SPF. apa itu SPF? liat aja di http://www.openspf.org
  4. relay kebuka kaga? kalo open relay mah pasti di-blacklis punya.
  5. domain buat sending valid kaga? artinya server-ya didaftarin pake mail.yourdomain.com yang bisa di-reslove dari luar atau cuma internal.mail.server.yourdomain doang?
nah emang jaman sekarang karena spam udah sinting-sintingan, nggak heran banyk mail server pake paranoid setting. jadi buat bisa jadi smtp server harus banyak persyaratan yang harus dipenuhi biar kaga kena blacklist. yang paling umum:
  1. harus ip static dengan reverse dns lookup pointing back ke nama mesin
  2. harus didaftarkan dengan nama mesin yang ada A record dan MX record di dns
  3. harus lolos relay test & safe mailserver test. cari aja di google dimana bisa test & certified ginian
repot kan? emang 


Satu lagi neh, entah ada kaitannya apa ngga, saya sendiri belum tau :D tapi mungkin bisa diambil manfaatnya. Saya koneksi ISP pakai speedy dan star1. Karena speedynya sudah duluan, jadi settingan smtp di outlookku pakai punyae speedy.

Kalau mau ambil email lancar2 saja, masalahnya kalau kirim email melalui outlook dengan koneksi star1, oleh McAfee emailku selalu dianggap ada virusnya, tapi aku malas untuk mengubah settingan smtpnya. kalau kirim melalui web lancar2 saja.

Populer Post