Kamis, 26 Januari 2012

Mengganti Bahasa WordPress jadi Bahasa Indonesia


WordPress adalah salah satu engine blog dan CMS hebat dan populer didunia. Engine ini telah diport ke banyak bahasa dunia, tak terkecuali bahasa Indonesia. Bahkan edisi bahasa Indonesia dari WordPress telah mendapat penghargaan dari Inisiator dan bos WordPress sebagai Bahasa WordPress ke-3 setelah Inggris dan Spanyol. Makanya tak salah jika ada sub domain development wordpress edisi indonesia di http://id.wordpress.org.





Nah, pada tips kali ini kita akan mengubah bahasa default dari engine wordpress yang menggunakan bahasa Inggris menjadi bahasa Indonesia. Konsepnya mudah, semua translasi atau penerjemahan engine ini akan di taruh dalam folder /wp-content/language/. Untuk itulah download terlebih dulu language pack wordpress edisi bahasa Indonesia, hasil compile saya di :
setelah itu upload dan ekstrak di folder /wp-content anda. Jika sudah selesai tinggal ganti bahasa default WordPress dengan mengedit file wp-config.php.
Cari baris dengan kata define ('WPLANG', ''); dan tambahkan kode bahasa Indonesia, sehingga menjadi define ('WPLANG', 'id_ID');. Simpan file tersebut.
Login kembali ke dashboard dan rasakan, dashboard anda sudah berhasil menjadi berbahasa Indonesia. Yes, Reff :: DotExe

Populer Post