Jumat, 20 April 2012

Cara Memperbaiki File Dokumen Yang Terinfeksi Virus [WINDOWS]


Tips kali ini adalah bagaimana cara memperbaiki file word yang telah terinfeksi oleh virus. Awal ide dari posting ini sebenarnya karena pengalaman saya sendiri. Ceritanya begini, suatu hari saya seorang teman yang meminta pertolongan buat mengembalikan file document dalam sebuah flaskdisk yang telah terinfeksi oleh virus, lalu tanpa pikir panjang langsung saja flaskdisk itu saya scan pake antivirus dan hasilnya beberapa file dengan icon bergambar w (yang artinya document microsoft word) terdeteksi sebagai virus karena extensi yang seharusnya .doc telah berubah menjadi .exe yang artinya sebuah aplikasi sehingga otomatis dikarantina oleh antivirus.

Berdasarkan pengalaman saya sebelumnya biasanya kerja virus lokal hanya sekedar menyembunyikan atau meng-hidden sebuah file dan kemudian memunculkan file virus sebagai  duplikatnya, tapi setelah saya coba cari file yang aslinya ternyata tidak saya temukan, wooow saat itu saya kaget karena virus ini ternyata tidak membuat duplikat file aslinya tapi langsung menginfeksi file dokumen.



Untunglah saya teringat tentang sebuah program yang yang bisa memperbaiki dokumen khususnya
word yang telah terinfeksi virus. Program yang saya maksud adalah restore files, akhirnya aplikasi ini bisa bermanfaat juga.

Cara pakai aplikasi ini cukup mudah yaitu tentukan tempat, drive atau folder tertentu  tempat document yang telah terinfeksi tersebut, kemudian klik tombol find, setelah file  ditemukan dan ditampilkan dalam daftar atau list, selanjutnya kamu tinggal menekan tombol restore files maka secara otomatis file yang terinfeksi akan terbagi dua, file pertama adalah dokumen yang telah diperbaiki dan file yang kedua adalah file virus yang sudah dilumpuhkan dan dirubah extensinya menjadi .vrs, file yang kedua ini bisa kamu hapus atau kamu pelihara juga boleh, coz kali aja kamu tipe orang yang hobi mengkoleksi virus, heheheh :z :z :z .

Populer Post