Sabtu, 09 April 2016

Menampilkan Halaman Login PHPMYADMIN

Secara default, saat kita menjalankan service Apache dan MySql XAMPP lalu membuka phpMyAdmin dengan mengetik url http://localhost/phpmyadmin pada address bar browsermaka akan langsung terbuka. Tentu ini tidak aman karena semua orang dapat membukanya. Kita tidak ingin ada orang yang tidak bertanggungjawab mengolah database yang kita punya.

Lalu bagaimana supaya aman dan tidak semua orang bisa membuka?

Mengamankan database yang kita punya dapat dilakukan dengan mengatur usernya. Secara default, user utama atau user root phpMyAdmin tidak diberi password, oleh karena itu phpMyAdmin dapat dibuka dengan mudah. User root ini harus diberi password. Setelah diberi password, halaman login akan muncul terlebih dulu saat membuka phpMyAdmin. Jadi, tidak semua orang bisa membuka. Ada dua langkah yang harus dilakukan agar phpMyAdmin memunculkan halaman login.

Pertama, memberi password melalui phpMyAdmin

Jalannkan browser kemudian ketik http://localhost/phpmyadmin pada address bar. Pilih tab Users lalu klik Edit Privileges pada user root. Lihat gambar berikut.

Setelah itu, klik Change Password. Pilih Password lalu ketikkan passwordnya. Kemudian klik Go.

Sampai sini selesai. Selanjutnya adalah mengedit file config phpMyAdmin.

Kedua, memberi password dengan mengedit file config.inc.php phpMyAdmin

File config.inc.php phpMyAdmin dapat kita temui di C:\xampp\phpMyAdmin untuk Windows dan /opt/lampp/phpmyadmin/ untuk Linux. Isi file yang harus diubah adalah pada bagian $cfg['Servers'][$i]['auth_type'] = 'config';dan $cfg['Servers'][$i]['password'] = '';

Untuk bagian $cfg['Servers'][$i]['auth_type'] = 'config' kita ubah menjadi$cfg['Servers'][$i]['auth_type'] = 'cookie'. Selanjutnya, untuk bagian$cfg['Servers'][$i]['password'] = ''; kita ubah menjadi $cfg['Servers'][$i]['password'] = 'passwordmu';passwordmu harus sama dengan password yang diberi melalui phpMyAdmin tadi. Selanjutnya, simpan perubahan file tersebut.

Terakhir, restart service Apache dan Mysql. Kemudian jalankan kembali phpMyAdmin maka muncul halaman login. 
Kurang lebih seperti gambar terakhir hasilnya, nah untuk bagaimana kita membuat sebuah user baru untuk PHPMyAdmin baca artikelnya disini.

Populer Post