Kamis, 04 Januari 2018

Membuat PhpMyAdmin Lokal Menjadi Aman

Database phpMyAdmin mendukung berbagai operasi MySQL, diantaranya (mengelola basis data, tabel-tabel, bidang (fields), relasi (relations), indeks, pengguna (users), perijinan (permissions), dan lain-lain). Sudah barang tentu ketika sebuah database harus memiliki keamanan data. Oleh karena itu penulis ingin memberikan tips bagaimana membuat database dalam PhpMyAdmin anda lebih aman dengan menggunakan user dan password.


Oke langsung saja, pertama tentu anda membuka terlebih dahulu layar jendela browser anda.
1. Buka alamat server lokal anda http://localhost/phpmyadmin/...

2. Di posisi gambar berikut anda memilih Tab Users.


3. Kemudian anda pilih bagian yang di beri "check" / tanda merah, setelah itu pilih bagian "Privileges" seperti pada gambar.

4. Akan muncul gambar seperti di bawah ini, kemudian tentukan password yang anda masukan. 

5. Jika sudah tekan tombol "Go", kemudian anda test halaman anda, ketika muncul pesan "Access Denied" maka tahap selanjutnya anda merubah tatanan syntax pada file konfigurasi phpmyadmin.

6. File config.inc.php phpMyAdmin dapat kita temui di C:\xampp\phpMyAdmin untuk Windows dan /opt/lampp/phpmyadmin/ untuk Linux. 

7. Isi file yang harus diubah adalah pada bagian $cfg['Servers'][$i]['auth_type'] = 'config'; dan $cfg['Servers'][$i]['password'] = '';. Gunakan notepad atau sublime text atau editor yang menurut anda mudah.

8. Untuk bagian $cfg['Servers'][$i]['auth_type'] = 'config' kita ubah menjadi $cfg['Servers'][$i]['auth_type'] = 'cookie'.

9. Selanjutnya, untuk bagian $cfg['Servers'][$i]['password'] = ''; kita ubah menjadi $cfg['Servers'][$i]['password'] = 'passwordmu';passwordmu harus sama dengan password yang diberi melalui phpMyAdmin tadi. Selanjutnya, simpan perubahan file tersebut. Perhatikan perubahannya pada gambar seperti dibawah ini :

10. Setelah anda save file konfigurasinya, restart serve SQL di panel XAmpp anda dan proses selesai. Maka seketika anda akses http://localhost/phpmyadmin maka akan muncul tampilan seperti ini :


Nah itu tips untuk memperoleh keamanan pada database SQL di PhpMyAdmin lokal anda. Selebihnya Anda bisa menambahkan user selain "Root" tentunya. Sekian terima kasih.

Populer Post