Minggu, 17 November 2013

Cara Ganti Port MySQL dengan phpMyAdmin (Problem Error '10061')

Pada sistem operasi "jendela", beberapa dari kita yang menginstall MySql yang terintegrasi dengan xampp mengkin akan sedikit kesulitan untuk mengubah port defaultnya. Meskipun kita sudah mengubah konfigurasi port mysql yang ada di file my.ini yang ada di folder C:\xampp\mysql\bin namun ketika kita login melalui web clientnya phpmyadmin muncullah error 10061 seperti gambar berikut :


Hal yang sama juga muncul jika kita mencoba login melalui terminal. Peringatan yang muncul sama seperti di web clientnya phpmyadmin :

Untuk mengatasi hal ini, pastikan kita sudah mengubah konfigurasi port mysql yang ada di file my.iniyang ada di folder C:\xampp\mysql\bin. Misal kali ini saya akan menggunakan port 3307 :


Kemudian edit file config.inc.php yang ada di folder C:\xampp\phpMyAdmin dan tambahkan skrip berikut pada bagian /* Server parameters */ :

 $cfg['Servers'][$i]['port'] = '3307';

Angka 3307 tersebut merupakan port mysql yang akan kita gunakan kemudian save file tersebut. Setelah itu restart service mysql anda dan coba kembali login mysql baik melalui web client phpmyadmin maupun melalui terminal. Sampai pada langkah ini seharusnya kita sudah bisa login ke administrasi mysql nya.

Jika masih tidak bisa, coba ulangi kembali langkah-langkah tadi dari awal dan pastikan anda restart service mysql terlebih dahulu sebelum mencoba untuk login dengan konfigurasi port yang baru. Jika masih tidak bisa juga, coba baca dulu sumber link yang saya cantumkan di bawah.

Sumber : http://webmaster.iu.edu/tool_guide_info/phpmyadmin/phpmyadmin.shtml

Populer Post