Senin, 16 Januari 2012

Solusi Kasus Error Not Found Pada CMS Lokomedia

Banyak pengguna CMS Lokomedia yang mengalami error dengan pesan Not Found saat pertama kali menjalankan (instalasi) CMS Lokomedia di komputernya. Penyebab utamanya, karena pengguna belum mengaktifkan modul mod_rewrite di server Apache.

Cara mengaktifkannya cukup mudah, buka file httpd.conf menggunakan editor teks seperti Notepad (kalau Anda menggunakan installer Xampp, maka file httpd.conf berada di C:\xampp\apache\conf), lalu cari baris:




# LoadModule rewrite_module modules/mod_rewrite.so

Hapus tanda #, lalu simpan perubahan pada file httpd.conf.

Dan terakhir, restart Apache, kalau Anda menggunakan Xampp, klik 2x file xampp_stop.exe, kemudian klik 2x file xampp_start.exe.

Silahkan coba lagi di browser dengan mengetikkan http://localhost/lokomedia, maka pesan error seperti gambar berikut:



tentu tidak akan tampil lagi alias sudah berganti dengan halaman depan CMS Lokomedia.


Tambahan:
Pada beberapa kasus yang dialami pengguna, terkadang modul mod_rewrite apache gagal diaktifkan meskipun sudah mengikuti langkah diatas. Hal ini dikarenakan mod_rewrite apache yang dibawa oleh Xampp tidak kompatibel dengan komputer pengguna. Solusinya, ganti installer Xampp dengan Wamp. Adapun cara mengaktifkan mod_rewrite di Wamp, caranya hampir sama dengan Xampp.

Ada juga kasus yang dialami pengguna saat meng-upload CMS Lokomedia di salah satu hosting, terutama hosting gratis seperti http://www.000webhost.com (co.cc), errornya sama yaitu error not found, namun karena secara online, errornya dialihkan dengan menampilkan website 000webhost. Hal ini bukan dikarenakan 000webhost belum mengaktifkan mod_rewrite, namun ada beberapa setting yang perlu disesuaikan pada file yang menangani mod_rewrite di CMS Lokomedia, yaitu file .htaccess, buka file tersebut menggunakan editor teks (Notepad), lalu tambahkan pada baris pertama:

Options +FollowSymlinks

Kemudian pada baris ketiga (setelah RewriteEngine On), tambahkan baris:

RewriteBase /

Dan terakhir (kalau ada), hapus baris:

Options All -Indexes

Kemudian jangan lupa untuk menyimpan perubahan pada file .htaccess dan upload ulang ke hostingnya. Trik ini juga berlaku apabila upload CMS Lokomedia gagal di hosting komersil seperti idwebhost.com.

NB: Modul mod_rewrite pada server Apache berfungsi untuk membuat SEO URL Friendly, artinya alamat url website menjadi lebih mudah dibaca dan di index oleh search engine seperti Google, contohnya:

http://domainente.com/media.php?module=berita&id=124

diubah menjadi:

http://domainente.com/berita-124-gayus-mendadak-sinting.html

Populer Post